Selasa, 17 September 2019

Tidak Sesuai Harapan, Menkominfo Sebut Robot Sophia Tidak Secerdas Yang Dibayangkan

Nampaknya teknologi kecerdasan buatan yang ada di robot Sophia tidak sesuai yang di harapkan Menkominfo.
Hal itu diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang menyebutkan bahwa robot manusia Sophia tidak secerdas seperti yang dibayangkan. Hal itu diungkapkannya usai menguji kemampuannya dengan melontarkan beberapa pertanyaan.
"Ternyata nggak pinter-pinter amat. Kenapa, karena saya pun nanyanya harus menggunakan cue card karena kan pertanyaan di sana di programnya jawabnya apa," ujar Rudiantara kepada wartawan disela-sela acara Youth Dialogue 2019, Selasa (17/9/2019), di Hotel Borobudur Jakarta.
Rudiantara mengatakan sering kali kita beranggapan bahwa robot dengan teknologi kecerdasan buatan, Machine Learning bahkan Deep Learning sudah benar-benar cerdas. Hanya saja, baginya Sophia tidak seberkesan dalam video yang kita lihat selama ini.
Kendati demikian, Sophia menjadi salah satu perkembangan teknologi kecerdasan yang luar biasa. Pasalnya, dalam kurun waktu 3,5 tahun, robot manusia tersebut sudah bisa menampilkan beberapa hal, salah satunya berinteraksi dengan manusia.
Rudiantara menyebut jika pengelolaan big data robot Sophia terus dikembangkan, sangat mungkin pada 3 tahun kedepan kemampuannya akan meningkatkan 10 hingga 20 kali lipat dari saat ini. Hal tersebut karena dalam meningkatkan kemampuan AI, diperlukan jumlah data yang besar untuk dipelajari oleh sistem.
Jika data yang diterima dan disimpan robot Sophia semakin banyak, maka dapat dipelajari oleh sistem dan digunakannya untuk berinteraksi dengan manusia.
"Artinya pertumbuhannya eksponensial. Karena apa, datanya kan makin banyak, diksinya makin banyak, sehingga dia makin bisa membuat algoritma," ungkapnya.
"Mungkin kalau 2 tahun lalu sophia datang ke sini, kita nggak perlu pakai Cue card nanyanya, jadi bebas. Itu impresi saya tentang Sophia," pungkasnya.

Sumber: Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar