Selasa, 17 September 2019

Sophia, Robot Dengan Kecerdesan Buatan Yang Unjuk Kemampuan Didepan Menkominfo

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh adanya Robot dengan teknologi kecerdesaran buatan (AI).
Sophia, ya dialah robot manusia yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang akhirnya tiba di Indonesia. Robot besutan Hanson Robotic yang disebut-sebut memiliki kecerdasan layaknya manusia tampil dalam acara acara ‘Youth Dialogue 2019’ yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (17/9).
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta beberapa peserta tamu undangan pun menguji kemampuan robot manusia tersebut dengan mengajaknya berinteraksi.
"Do you know you were you are? (Hai, Sophia, Kamu tahu ada di mana sekarang?)," Tanya Rudiantara.
Sophia pun menjawab, "Hi everyone I very exited in here in Jakarta, Indonesia, especially dialogue with you (Hai, saya sangat senang ada di Jakarta, khususnya berdialog dengan Anda),"
Sontak, respons dari robot pintar itu pun berhasil memukau para hadirin yang hadir dan mendapat tepuk tangan penonton. Dengan kecerdasan buatan yang disematkan, Sophia mampu menjawab beberapa pertanyaan yang dilemparkan kepadanya.
Managing Partner dari GK-Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono mengatakan kehadiran Sophia diharapkan dapat menginspirasi Indonesia dan mengingatkan bahwa kecerdasan buatan tengah berkembang sedemikian pesat.
Menurutnya, selain membantu manusia AI memang dapat menggantikan beberapa pekerjaan yang dilakukan saat ini. Namun, di sisi lain juga menawarkan kesempatan untuk berinovasi dan mengeksplorasi hal-hal baru.
Sophia sendiri dikembangkan sejak 2015 oleh Hanson Robotics yang berbasis di Tiongkok. Perusahaan milik ahli robotika asal Amerika Serikat, David Hanson. Sejak 2017 robot manusia yang kini berusia sekitar 3,5 tahun itu telah mendapat status kewarganegaraan dari Arab Saudi.

Sumber: Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar