Rabu, 04 September 2019

Inilah Dampak Jika Anda Tak Sarapan dan Langsung Makan Berlebihan di Siang Hari

Sarapan merupakan kegiatan yang bisa menghindarkan anda dari penyakit lambung, memulai hari dengan sarapan juga merupakan hal yang penting dilakukan setiap orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sarapan sendiri baik untuk memberikan nutrisi dan energi pasca tubuh tidak terasupi apapun saat tidur malam.
Sayangnya, cukup banyak orang masih menyepelekan untuk melewati sarapan pagi. Buru-buru, terlambat, tak merasa lapar hingga berhemat jadi alasan sebagian orang melewatkan sarapan.
Setelah melewatkan sarapan, tidak sedikit pula orang, terutama para mahasiswayang berhemat justru kalap di siang hari. Biasanya mereka akan makan dengan porsi begitu banyak di luar bataslambungnya.
Lantas bagaimana dengan pola makan yang demikian? Profesor Dr. Hardinsyah, MS memberikan jawabannya terkait hal tersebut ketika dihubungi AkuratHealth, Rabu(4/9).
"Untuk orang normal bekerja, atau normal berkuliah itu kebiasan yang tidak baik (tidak sarapan lalu makan siang banyak). Makan berlebihan seperti itu sudah pasti tidak disarankan dalam dunia kesehatan," jelasnya.
Menurut Profesor Hardinsyah, jika makan dengan porsi berlebihan dilakukan, hal itu memberikan pengaruh buruk pada sistem pencernaan.
"Pola makan yang seperti itu memberikan beban berlebihan terhadap sistem pencernaan. Sistem pencernaan jadi harus bekerja keras memproses makanan jumlah yang besar. Maka tubuh harus mengeluarkan asam lambung, dan enzim pencernaan lainnya dalam jumlah besar," tambahnya.
Jika seseorang yang terbiasa makan dengan pola seperti ini dan terasa biasa-biasa saja, jangan pernah menganggap hal itu aman.
"Kalau merasa biasa saja itu tubuh masih bisa menahan. Kalau terus menerus pola makan seperti itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan," lanjutnya.
Gangguan pencernaan yang dimaksud Prof Hardinsyah sendiri bisa berupa perut menjadi kekenyangan, kembung, mual, muntah, perut menyesak, hingga dada panasseperti terbakar akibat asam lambung.


Sumber: Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar